Taman Nasional Bali Barat

 Lintas Taman Nasional dan Pengaruh Pemanfaatan SDA Masyarakat Desa Sumberkelampok terhadap Habitat Jalak Bali
             Perhimpunan Mahasiswa Penempuh Rimba dan Pendaki Gunung Mahatva (PMPR & PG Mahatva) merupakan salah satu perhimpunan mahasiswa yang mewadahi mahasiswa fakultas pertanian yang memiliki ketertarikan dalam kegiatan di alam bebas. Dalam status keanggotaannya, ada beberapa jenis keanggotaan, yaitu Anggota Muda Mahatva (AMM),  Anggota Biasa(AB), Anggota Pasif (AP) serta Anggota Kehormatan (AK). Seluruh anggota yang masih berstatus AMM diharapkan dapat merubah status keanggotaannya menjadi AB. Untuk menjadi AB, seluruh AMM  harus melakukan sebuah perjalanan. Perjalanan ini dapat berupa pendakian gunung, pemanjatan tebing, penyusuran pantai dan penyusuran sungai.
Saya dan beberapa rekan yang masih berstatus sebagai AMM membentuk satu tim dan memutuskan untuk melakukan perjalanan ke Taman Nasional Bali Barat (TNBB). Mungkin masih banyak orang yang belum familiar tentang Taman Nasional ini. Tidak dapat dipungkiri bahwa memang sebagian masyarakat Indonesia lebih mengenal pulau menjangan (pulau yang berada dalam kawasan Taman Nasional dan merupakan salah satu spot diving yang bagus di Indonesia) dibandingkan Taman Nasional Bali Barat sendiri.
TNBB terletak di ujung pulau Bali.Terbentang di dua kabupaten, yaitu Kabupaten Jembrana dan Kabupaten Buleleng. TNBB sendiri sebenarnya memiliki pantai yang tidak kalah bagus daripada  pantai yang terdapat di Pulau Menjangan. Selain memiliki keunggulan pada pantainya, Taman Nasional ini memiliki tempat penangkaran Burung Jalak Bali yang merupakan hewan endemic yang hanya terdapat di Bali Barat. Selain itu dalam Taman Nasional ini juga terdapat pura yang merupakan tempat sembahyang orang hindu. Ketiga hal diatas merupakan daya tarik tersendiri bagi TNBB.

Dalam perjalanan yang kami lakukan, kami menyempatkan untuk berkunjung ke tempat Penangkaran Jalak Bali yang terdapat di Tegal Bunder dan Brumbun. Ada perbedaan diantara kedua tempat penangkaran tersebut, di Tegal Bunder penangkaran Jalak Bali berupa tempat pengembangbiakan Jalak bali dari telur hingga Jalak Bali siap untuk di lepas ke alam bebas. Sedangkan di Brumbun, penangkaran berupa beberapa Jalak Bali yang sedang dalam proses adaptasi dengan alam bebas untuk selanjutnya siap dilepaskan.

                  Sepanjang perjalanan di Taman Nasional kami memilih melakukan perjalanan melewati jalur yang telah ada. Jalur ini dapat dilewati oleh kendaraan beroda dua dan beroda empat. Jalur ini sengaja dibuat untuk akses masyarakat yang ingin melakukan sembahyang di pura yang terdapat di daerah lampu merah. Pura ini dapat dikatakan merupakan pura yang paling besar dibandingkan pura-pura lain yang ada di dalam Taman Nasional. Sayangnya pura yang ada dalam Taman Nasional tidak dapat kami dokumentasikandalam bentuk gambar.

Di sepanjang jalur menuju daerah Lampu Merah ini kami melewati beberapa pantai yang memiliki pemandangan yang sangat bagus. Pantai yang ada juga memiliki pasir yang putih, bersih dan halus. Bahkan air laut disana memiliki gradasi warna yang sangat indah serta jernih. Bahkan pada saat airnya surut, kami bisa menemukan beberapa biota laut, diantaranya bintang laut, ikan-ikan kecil, belut laut, ubur – ubur serta keong laut.

Selama perjalanan kami juga dapat menemukan beberapa hewan liar yang ada di dalam Taman Nasional, diantaranya monyet ekor panjang, rusa, babi hutan, dan elang. Dalam perjalanan menuju Desa Sumberklampok kami melewati daerah padang rumput yang dijadikan oleh masyarakat sekitar sebagai tempat menggembalakan sapi dan kerbau milik mereka.

Mudah-mudahan tulisan kami ini dapat membuktikan bahwa memang pemandangan alam yang ada dalam Taman Nasional Bali Barat tidak dapat dipandang sebelah mata dan disepelekan, karena menurut kami masing-masing tempat wisata pasti memiliki ke-khasan keindahan alamnya masing-masing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>